Yuk, Ketahui Tujuan dan Fungsi BPJS Kesehatan dari Fortune.idn.com

Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru merupakan portal berita yang juga memberikan informasi terbaik mengenai layanan kesehatan kepada masyarakat. Jika kesehatan dan biaya pengobatan ingin terjamin secara ekonomis, tentunya Anda membutuhkan BPJS, sebenarnya, apa tujuan dan fungsi BPJS untuk masyarakat?

1. Semua Penyakit Bisa Ditanggung

Manfaat pertama yang ingin Fortuneidn.com beritahukan kepada Anda bahwa BPJS dapat menangani segala macam penyakit. Intinya, penyakit yang masuk dalam indikasi media atau sesuai dengan prosedur JKN.

Dilihat dari penyesuaian metode JKN yang ditulis oleh Permenkes nomor 28 tahun 2014, menyatakan bahwa semua penyakit dapat ditanggung, kecuali yang disebutkan secara eksplisit. Hal tersebut tidak termasuk pertanggungan layaknya estetika, alternatif, infertilitas, sampai komplementer.

2. Menjamin Penyakit yang Terkecualikan

BPJS kesehatan masih tergolong program baru, ketimbang asuransi lainnya, sehingga masih banyak peraturan yang membuat para peserta maupun penggunanya bingung. Meskipun begitu, program tersebut tetap menjadi premi termurah yang siap menanggung penyakit terkecualikan dari berbagai asuransi.

Apa sajakah penyakit yang dimaksud? Penyakit kanker, hormonal, hemodialisis, kongenital, dan jiwa. Penyakit tersebut tergolong kronis dan harus cepat diobati dengan menggunakan program kesehatan yang dapat menjamin, serta terjangkau.

3. Dapat Menanggung Tanpa Melihat Kondisi Sebenarnya

Perlu Anda ketahui melalui informasi dari Fortuneidn.com kali ini bahwa BPJS kesehatan menerapkan program gotong royong, yang di mana pihak sehat harus membantu pihak lemah. BPJS akan menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa melihat kondisi yang sudah dialami sebelumnya atau penyakit yang dideritanya.

BPJS kesehatan juga akan membantu orang-orang yang mengalami penyakit seumur hidup, seperti gagal ginjal kronis, kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya yang tidak akan dilayani jika pengguna memanfaatkan asuransi lain.

4. Premi Tergolong Murah

Pembayaran untuk layanan kesehatan dari BPJS tergolong murah jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang lainnya. Namun, murah bukanlah berarti murahan jika melihat fasilitas dan kualitas yang diberikan BPJS kepada masyarakat.

Berapa iuran yang harus dibayarkan kepada BPJS? Untuk mengikuti kelas satu, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp80.000. Sementara itu, layanan di kelas dua dan tiga menarik biaya sebesar Rp51.000 dan Rp25.500.

Dari biaya tersebut, Anda sudah bisa mengcover seluruh keperluan untuk melakukan pemulihan di rumah sakit, layaknya rawat inap, pembedahan, obat, sampai melahirkan. Cuci darah pun bisa dibiayai oleh BPJS.

5. Berani Berikan Jaminan

Dengan iuran peserta atau premi yang tidak terlalu besar, BPJS ternyata dapat menjamin layanan untuk seumur hidup. Semua keuntungan tersebut nyatanya menjadi hak untuk para peserta yang mengikuti program, kewajiban peserta adalah membayar iuran secara tepat waktu dan mengikuti aturan berobat yang telah ditetapkan.

6. Pembayaran Sangat Sederhana

BPJS kesehatan telah berkerja sama dengan berbagai platform pembayaran yang dapat Anda gunakan untuk membayar iuran setiap bulannya. Anda tidak harus membayar iuran dengan mesin ATM saja, tetapi juga bisa melalui myBills atau TravelokaApp, bahkan layanan mobile banking dapat dimanfaatkan.

7. Memberikan Rasa Aman kepada Karyawan

BPJS kesehatan memang dapat didaftarkan untuk perorangan, tetapi karyawan dapat memperolehnya melalui perusahaan. Karena pada dasarnya, pemerintah sudah mengimbau setiap perusahaan untuk memberikan fasilitas tersebut kepada masyarakat.

Setelah mengetahui fungsi BPJS dari Fortuneidn.com, Anda dapat menggunakannya dan merasakan keuntungan yang ada. Keselamatan dan kesehatan terjamin secara mudah, sehingga yang Anda rasakan hanyalah rasa aman.